Beranda » jasa geolistrik » Geolistrik Air Tanah Pengertian, Fungsi dan Penerapan

Geolistrik Air Tanah Pengertian, Fungsi dan Penerapan

T Diposting oleh pada 24 July 2021
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 37 kali

Geolistrik air tanah adalah salah satu metode geofisika dengan cara menginjeksikan arus listrik ke dalam tanah. Tujuan metode ini adalah untuk mengetahui sifat-sifat kelistrikan batuan di bawah tanah dan mencari resistivitas atau tahanan jenis dari suatu batuan.

Metode ini bisa juga untuk penyelidikan bebatuan, sehingga mengetahui keadaan geologi bawah tanah. Dengan demikian, bisa menentukan lapisan yang membawa air atau kedap air.

Hal ini penting dilakukan, karena keberadaan air di bawah tanah tidak menyebar secara merata. Oleh karena itu, perlu melakukan penyelidikan batuan dengan geolistrik air terlebih dahulu.

Setelah mengetahui tanah dan kedalamannya yang mengandung banyak air, maka selanjutnya bisa diadakan pengeboran. Ini bisa menghasilkan air tanah untuk disalurkan ke berbagai saluran guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Mengingat, air merupakan salah satu sumber kehidupan yang selalu dibutuhkan untuk mempertahankan hidup dan kegiatan-kegiatan lainnya. Apalagi saat musim kemarau, stok air yang banyak pasti sangat dibutuhkan.

Bukan hanya untuk manusia, air juga dibutuhkan oleh tumbuhan dan hewan. Oleh karena itu, masyarakat melakukan penggalian sumur untuk mendapatkan dan mencukupi kebutuhan air.

Meski terkadang hal itu tidak membuahkan hasil yang baik. Geolistrik ini solusi untuk mendapatkan area yang tepat, sehingga bisa menghasilkan air dari tanah yang baik dan bersih.

Apa Itu Uji Geolistrik Air Tanah?

Uji Geolistrik menjadi indikator awal untuk mengetahui air di permukaan tanah, dalamnya pengeboran, dan penempatan telemetri nantinya. Penguji akan menyalurkan arus listrik ke bebatuan dengan alat geolistrik air tanah yang sudah disediakan. Arus listrik tersebut akan mencari resistivitas dari batuan.

Resistivitas ialah parameter atau besaran yang menunjukkan tingkatan hambatan pada arus listrik. Resistivitas yang semakin besar, menunjukkan bahwa batu tersebut akan lebih sulit untuk dialiri arus listrik. Pada umumnya, resistivitas bumi tidak homogen, artinya resistivitas yang terhitung ialah resistivitas semu.

Geolistrik Air Tanah

Survey geolistrik bisa dipakai untuk menentukan sifat kelistrikan lain, seperti medan induksi atau industri potensial. Hasil dari pengujian geolistrik bisa berupa peta sebaran resistivitas atau tahanan batuan, baik itu jenis mapping (horizontal) atau jenis sounding (kedalaman).

Keduanya tergantung kebutuhan jenis konfigurasi geolistrik yang digunakan atau akuisisi data yang digunakan, karena akan banyak konfigurasi geolistrik yang bisa digunakan. Setiap jenis konfigurasi memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui.

Fungsi Penyelidikan Geolistrik Air Tanah

Fungsi utama dari penyelidikan geolistrik air tanah adalah perencanaan tahap awal dalam pelaksanaan eksplorasi air tanah. Selain itu, terdapat juga fungsi lain yang bisa didapatkan dari penyelidikan geolistrik.

  • Mengetahui tebal lapisan, jenis batuan, struktur geologi, porositas, dan permeabilitas batuan untuk menentukan konstruksi.
  • Mengetahui persebaran air di dalam tanah.
  • Bisa mengetahui ketebalan lapisan lapuk untuk menentukan pemasangan bor, struktur lapisan, dan jenis batuan.
  • Mengetahui benda-benda yang terdapat di dalam tanah.
  • Mencari sumber air tanah yang berlimpah.

Sejarah dan Prinsip Kerja Metode Geolistrik untuk Mencari Air Tanah

Penggunaan geolistrik dilakukan pertama kali pada tahun 1912 oleh Conrad Schlumberger. Kemudian, pada perkembangannya, eksplorasi geolistrik memiliki runutan sejarah yang unik. Baik dari sisi kajian geofisika yang terbagi ke beberapa kelompok, hingga pertambahan lain yang berasal dari sumber dan teori yang sama meskipun memiliki aliran yang berbeda.

Perbedaannya tersebut terletak pada tata cara kerjanya, yaitu konfigurasi elektroda dan interpretasi. Kemudian, ada juga pada alat yang digunakan. Rangkuman sejarah singkatnya, mungkin bisa dipahami dari ulasan ini.

  • Sebenarnya pelopor pertama yang memakai cara mirip dengan geolistrik ialah terjadi pada tahun 1720 oleh Gray dan Wheeler. Mereka melakukan pengukuran terhadap batuan dan mencoba membekukan tabel konduktivitas batuan.
  • Pada tahun 1746, Watson menemukan bahwa tanah termasuk konduktor dengan cara mengamati titik-titik di antara dua elektroda arus. Jaraknya dipotong sejauh 2 mil dan bisa bervariasi tergantung kondisi geologi pada area tersebut.
  • Kemudian, pada tahun 1789-1877, Robert W. Fox pun turut mempublikasikan penemuannya. Karena beliau merupakan orang pertama yang mempelajari tentang hubungan sifat-sifat listrik dengan keadaan geologi, sehingga dijuluki sebagai Bapak Geolistrik.
  • Perkembangan tentang geolistrik terus dikembangkan oleh penemu dan peneliti di era selanjutnya. Sampai pada Conrad Schlumberger dan bisa terus ada sampai sekarang dengan fitur-fitur yang telah diperbarui dan semakin mudah digunakan.

Perkiraan geolistrik air bisa dikorelasikan dari beberapa tahanan jenis batuan. Ada beberapa variasi nilai tahanan jenis pada buatan yang akan mempengaruhi air dalam tanah. Nilai tahanan jenis dari lempeng kering lebih besar daripada yang terdapat di lempeng basah.

Selain itu, nilai tahanan jenis pada batuan beku ukurannya lebih tinggi daripada batuan sedimen. Tanah yang memiliki kandungan air banyak bisa dengan mudah menghantarkan listrik, sehingga membuat tahanan jenisnya mengecil.

Kondisi material di bawah tanah berpengaruh pada banyaknya air. Bebatuan yang bisa menjadi sumber air adalah batuan yang mengandung ruang-ruang antar butir, serta batuan yang mempunyai porositas dan permeabilitas yang tinggi.

Mencari air tanah bisa dilakukan dengan metode geolistrik air tahanan jenis. Tahanan jenis tersebut bisa dipelajari dengan cara mengalirkan arus listrik ke dalam tanah melalui dua buah elektroda arus. Sedangkan beda potensial dapat diukur dari elektroda lainnya.

Pada metode ini, arus listrik akan mengalir ke berbagai arah dan membentuk bidang equipotensial setengah bola. Sedangkan, konfigurasi atau susunan elektroda untuk akuisisi data pada tahanan jenis, ada beberapa konfigurasi.

Konfigurasi yang umum digunakan untuk melakukan pengukuran geolistrik air ialah konfigurasi Wenner, Schlumberger, dan konfigurasi Dipole-Dipole. Masing-masing konfigurasi memiliki hitungan berbeda untuk mengetahui nilai ketebalan dan tahanan jenis pada setiap batuan.

1. Konfigurasi Wenner

Pengukuran geolistrik air tanah menggunakan konfigurasi Wenner dilakukan dengan cara meletakkan titik elektrode dengan jarak yang sama antara satu dengan yang lainnya. Konfigurasi ini mempunyai nilai eksentrisitas yang kecil, yaitu bernilai hanya sebesar 1/3. Dengan begitu, konfigurasi ini lebih teliti dalam pembacaannya.

Konfigurasi Wenner termasuk salah satu metode geolistrik dengan sinyal yang bagus. Akan tetapi konfigurasi ini tidak dapat mendeteksi homogenitas batuan di dekat permukaan, padahal juga berpengaruh terhadap hasil perhitungan.

Biaya yang dibutuhkan untuk metode geolistrik air ini lebih mahal dibandingkan menggunakan konfigurasi yang lain. Karena setiap berpindah tempat pengukuran, kabel yang digunakan harus diganti dengan yang lebih panjang.

2. Konfigurasi Schlumberger

Pengukuran geolistrik air tanah dengan konfigurasi Schlumberger caranya sama dengan Wenner. Hanya saja, jarak elektrode arus bisa diubah agar tidak sama dengan jarak elektrode potensial. Nilai konfigurasinya berkisar antara 1/3 dan 1/5.

Elektrode arus yang sudah melewati batas eksentrisitas harus melakukan shifting pada elektrode potensial, agar nilai yang dihasilkan masih bisa terbaca. Jadi, cukup banyak perbedaan dengan konfigurasi Wenner.

Geolistrik air dengan konfigurasi Schlumberger, umumnya dipakai untuk jenis sounding, yakni pengambilan data yang dilakukan secara vertikal.

Kelebihan konfigurasi ini adalah bisa mendeteksi adanya non-homogenitas lapisan batuan yang ada di permukaan. Caranya adalah dengan membandingkan nilai resistivitas semu.

Sedangkan, kelemahan yang dimiliki ialah pembacaannya kecil pada elektrode MN dan pada elektrode AB nya bisa sampai melewati batas eksentrisitasnya. Jadi, memang terdapat kelebihan dan kekurangan untuk bahan pertimbangan.

3. Konfigurasi Dipole-dipole

Cara yang digunakan dalam konfigurasi sangat berbeda dengan dua konfigurasi yang sudah disebutkan. Elektrode potensial dan elektrode arus jaraknya diletakkan berjauhan. Konfigurasi ini bisa juga dipakai untuk mapping, yaitu pengukuran geolistrik air tanah yang fokus pada hasil secara lateral.

Kelebihan menggunakan konfigurasi ini adalah biaya atau harga geolistrik air yang dikeluarkan tidaklah banyak dibandingkan dengan dua konfigurasi di atas. Sedangkan kekurangannya adalah kualitas sinyalnya buruk. Tentu saja akan berpengaruh juga pada kecepatan survey geolistrik.

Geolistrik Air Tanah

Eksplorasi air tanah dengan metode geolistrik harus menggunakan konfigurasi yang tepat pula, agar bisa menghasilkan survey yang lebih akurat sehingga hasilnya juga bisa maksimal. Pilih konfigurasi yang terbaik jika untuk proyek besar, seperti industri. Apalagi jika areanya sulit dan penuh dengan bebatuan.

Keunggulan Metode Geolistrik untuk Mencari Air Tanah

Ada banyak keunggulan yang bisa didapatkan, jika melakukan metode geolistrik terlebih dahulu sebelum melakukan pemboran. Meskipun biaya survey geolistrik air cukup fantastis, tetapi juga setara dengan hasil yang didapatkan nantinya.

1. Efisiensi Waktu dan Biaya

Mencari air tanah menggunakan geolistrik, tentunya akan menghasilkan sebuah perolehan yang tepat dan akurat. Waktu yang digunakan juga tidak akan terbuang sia-sia untuk hal nihil.

Bayangkan saja, jika langsung pengadaan pengeboran tanpa menggunakan geolistrik air tanah terlebih dahulu, pasti hasilnya diperoleh dari keberuntungan. Jika beruntung langsung mendapatkan kedalaman tanah yang mengandung banyak air, maka itu akan mempercepat waktu.

Namun, jika tidak bagaimana? Waktu dan tenaga yang digunakan pasti sia-sia dan hanya memperoleh kelelahan saja. Untuk itu, sangat penting untuk melakukan uji geolistrik air terlebih dahulu. Biayanya juga sesuai dengan apa yang dikerjakan, jadi tidak perlu khawatir tentang hal tersebut.

2. Tingkat Akurasi Tinggi

Tidak perlu diragukan lagi tentang keakuratan data ketika menggunakan geolistrik air tanah, semua data akan ditampilkan. Mulai dari ketebalan batuan, tahanan jenis batuan, dan lainnya. Tingkat keakuratan data-data tersebut sangat tinggi, sehingga akan menemukan titik yang tepat.

3. Adanya Perbedaan Nilai Resistivitas dan Juga Kelistrikan pada Setiap Lapisan Bumi

Setiap bebatuan pasti tidak akan memiliki nilai yang sama, baik itu nilai resistivitas atau tahanan jenis atau kelistrikannya. Bahkan batuan di satu tempat kadang memiliki nilai yang berbeda, tergantung dengan jenis batuan tersebut. Demikian juga dengan nilai dari hasil geolistrik air tanah akan menampilkan data yang akurat pada setiap lapisan bumi.

4. Mampu Menjangkau Penetrasi ke Bumi Hingga Ratusan Meter

Mencari air tanah dengan geolistrik bukan hanya akurat, tetapi juga bisa menjangkau ke dalam lapisan bumi hingga sejauh ratusan meter. Jadi, jika ingin melakukan pengeboran yang sangat dalam, geolistrik mampu untuk melakukan survey.

5. Menggambarkan Area yang Luas dalam Waktu Singkat

Area yang luas di bawah tanah bisa digambarkan dengan geolistrik air tanah dengan waktu yang singkat. Lantaran sekali pemasangan, arus listrik akan menyebar ke seluruh permukaan, sehingga bisa melakukan survey dengan cepat.

Manfaat Pengukuran Geolistrik Selain untuk Mencari Air Tanah

Manfaat menggunakan pengukuran geolistrik sangatlah banyak, bukan hanya untuk geolistrik air. Survey geolistrik yang dilakukan menyeluruh ke bawah tanah, tentunya akan dapat mengetahui ada apa saja di dalamnya, bahkan bisa mengetahui benda-benda terpendam yang dilakukan oleh orang-orang pada generasi sebelumnya.

1. Pertambangan

Tujuan dari survey pertambangan ini adalah untuk mengetahui persebaran mineral air tanah di setiap lapisan bumi. Bidang pertambangan yang membutuhkan survei geolistrik cukup beragam, mulai dari eksplorasi emas, besi, batubara, galian industri, dan lain-lain.

2. Geologi Teknik

Tujuan dari geologi teknik adalah untuk mengetahui kekuatan poros batuan yang ada dalam tanah. Survei ini biasanya dilakukan untuk proyek gedung bertingkat, yaitu untuk memastikan keamanan konstruksi pondasi bangunan.

3. Minyak

Tujuannya yaitu agar bisa mengetahui ketebalan pada lapisan lapuk dalam penentuan pemasangan bor, struktur lapisan, dan jenis batuan. Ini berguna agar bisa menentukan titik yang tepat untuk pemasangan mata bor galian minyak.

4. Geologi Regional

Manfaat survey geolistrik bukan hanya untuk sumur bor, tetapi bisa juga untuk geologi regional. Kegiatan yang berkaitan dengan survey ini untuk data-data struktur, sedimentology, dan stratigrafinya.

5. Hidrologi

Tujuannya adalah untuk mencari akuifer atau sumber air tanah, serta mengetahui intrusi air laut. Jadi, survei ini memang berkaitan dengan titik air tanah yang layak dikonsumsi dan titik air terbaik.

6. Panas Bumi

Tujuan dari survei terakhir ini adalah pengukuran geolistrik bisa mengetahui dan mengukur panas bumi di kedalaman ratusan meter.

Jadi, survey geolistrik memang bukan hanya untuk mencari sumber air tanah yang berlimpah dan layak dikonsumsi. Lantaran penting juga dilakukan untuk hal-hal lainnya seperti yang telah disebutkan di atas.

Pendugaan air tanah dengan metode geolistrik dilakukan berdasarkan mempertimbangkan aspek morfologi, geologi, dan hidrologi dari hasil survei yang sudah dilakukan sebelumnya dalam tahap persiapan awal. Pengukuran geolistrik ini harus dilakukan oleh ahlinya, karena banyak komponen yang ada pada alat geolistrik.

Saat ini, sudah banyak jasa survey geolistrik yang menawarkan layanannya. Jadi, bagi yang ingin melakukan survey dengan geolistrik tidak perlu susah-susah lagi untuk membeli alatnya dan melakukannya sendiri, karena orang yang ahli dalam bidang tersebut akan menyelesaikannya.

Jika ingin menggunakan jasa geolistrik yang profesional, maka bisa menggunakan jasa dari http://borairsurvey.org/ . Borairsurvey adalah penyedia jasa sumur bor, membuat sumur bor untuk kebutuhan rumah tangga ataupun industri.

Borairsurvey.org memiliki tim terbaik untuk jasa survey geolistrik air tanah terbaik 2D dan Geophysics. Penyedia jasa ini didukung oleh para tenaga kerja yang profesional, berpengalaman, tangguh, dan amanah.

Para tenaga kerjanya sudah memiliki pengalaman kerja lebih dari 10 tahun, melayani jasa survey di seluruh wilayah Indonesia. Sudah banyak yang sudah berhasil diselesaikan dengan baik. Dengan adanya tim interpretasi data yang sangat teliti, sehingga bisa menghasilkan report yang maksimal.

Lokasi yang sulit dan terbaru juga bisa ditangani oleh Borairsurvey, dengan dukungan tim tenaga kerja dan mesin yang handal. Untuk harga jasa geolistrik air tanah, klien bisa menegosasikannya.

Borairsurvey.org selalu menjaga kepercayaan dari pelanggan dan terus melayani pelanggannya dengan baik dan maksimal. Untuk itu, banyak respon positif dari para pelanggan untuk penyedia jasa geolistrik ini.

Paket jasa geolistrik air tanah yang ditawarkan sangat terjangkau harganya, begitu pun dengan paket jasa yang ditawarkan lainnya. Seperti jasa bor air, tes sondir, atau topografi, semuanya memiliki harga yang sangat terjangkau.

Belum ada Komentar untuk Geolistrik Air Tanah Pengertian, Fungsi dan Penerapan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Geolistrik Air Tanah Pengertian, Fungsi dan Penerapan

team dan kru sumur bor

informasi Biaya Sumur Bor

T 6 May 2016 F A admin

Fakta Tentang Sumur Bor Yang Penting diketahui Air adalah kebutuhan manusia yang sangat mendasar dan bisa dijadikan kebutuhan primer manusia. Air sangat penting untuk kebutuhan seperti mencuci, minum dan kebutuhan yang lainnya. Maka dari itu akan sangat baik bila anda... Selengkapnya

jasa survey geolistrik

Jasa Bor sumur Bandung

Jasa Bor Sumur Bandung Jasa bor sumur  bandung untuk lokasi keras berbatu kondisinya maka pengeboran untuk pembuatan jasa sumur bor di bandung Jawa barat dan Seluruh wilayah Jawa Barat masih bisa dilakukan, ini karena pembuatan  sumur bor di Bandung keras... Selengkapnya

memilih jasa bor sumur

Memilih Jasa Bor Sumur

Memilih Jasa Buat  Bor Sumur yang Terpercaya Info biaya bor sumur -Air merupakan kebutuhan yang sangat mendesak sekaligus sangat utama bagi kehidupan manusia. Maka dari itu air akan terus dibutuhkan selama manusia hidup. Salah satunya adalah memilih sumber mata air... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa borairsurvey.

Telepon
Whatsapp