Beranda » harga jasa survey geolistrik » Harga Geolistrik, Aspek Penting yang Mempengaruhinya

Harga Geolistrik, Aspek Penting yang Mempengaruhinya

T Diposting oleh pada 28 July 2021
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 122 kali

Berapa harga geolistrik? Pertanyaan itu sering kali dijumpai. Kebanyakan orang memiliki pengajuan serupa. Jawaban sesuai harapan tentunya menjadi hal yang dinanti-nantikan, misalnya menginginkan tarif terjangkau untuk jasa tersebut.

Harga geolistrik air tanah utamanya yang selalu diperbincangkan, karena permintaan dalam survei tersebut cukup tinggi. Dimana pencariannya mengenai hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, yaitu air.

Bahkan, kebutuhan air bukan hanya mencakup perumahan. Pabrik industri dan hotel juga membutuhkannya. Semakin besar pengelolaan industrinya, tentu memerlukan pasokan air bersih yang banyak pula.

Latar Pembentukan Harga Geolistrik

Harga geolistrik tergantung survey yang dikerjakan, apakah untuk mencari air tanah, untuk pertambangan, geologi, dan lain sebagainya. Karena penggunaan geolistrik memang bisa untuk banyak hal.

Oleh karena itu, harga geolistrik pada setiap bidang, pasti akan berbeda. Cara kerjanya sebenarnya sama, yaitu menginjeksikan arus listrik ke dalam tanah untuk melakukan eksplorasi sesuai tujuan per bidang.

Titik fokus yang dicari tentunya juga berbeda. Seperti eksplorasi air tanah, maka pencariannya mengenai titik yang tepat untuk melakukan pengeboran sumur. Atau pada pertambangan, maka fokusnya kepada nilai mineral dari bebatuan.

 

Harga Geolistrik

Untuk itu, harga geolistrik yang dikenakan juga berdasarkan hal itu. Setiap bidang memiliki tingkat kesulitan masing-masing. Eksplorasi pertambangan termasuk lebih sulit daripada pencarian air tanah.

Hal itu disebabkan, dalam eksplorasi pertambangan membutuhkan kedetailan yang lebih. Dan juga, hasil data perolehan survei, harus ditampilkan dalam bentuk 2D. Tujuannya untuk memperlihatkan nilai detail dan ketebalan dari lapisan tanah.

Pengertian Metode Geolistrik

Metode geolistrik adalah sebuah cara yang mempelajari tentang sifat-sifat aliran listrik di dalam tanah. Hal tersebut dapat diketahui dengan melakukan eksplorasi dari permukaan tanah menggunakan alat geolistrik yang bermacam-macam dan ini memengaruhi harga geolistrik ketika dijual.

Penginjeksian arus listrik ke dalam tanah menggunakan 2 buah elektroda. Setiap jarak elektroda dihasilkan dari pengukuran arus dan beda potensial. Sebenarnya metode geolistrik memakai konsep perambatan arus listrik. Terjadinya di dalam medium yang homogen isotropis.

Melalui cara tersebut, arus listrik akan bergerak ke segala arah dengan memiliki nilai sama. Kemudian, jika terjadi penyimpangan dari kondisi idealnya, maka itu dijadikan sebagai objek yang diamati.

Pada umumnya, metode geolistrik bekerja dengan baik dengan eksplorasi dangkal, maksimal kedalamannya adalah 200 meter. Jika melebihi, maka data yang diperoleh akan kurang akurat. Karena arus listrik bisa semakin lemah saat melewati batas tersebut.

Konduksi aliran arus listrik pada bebatuan memiliki 3 macam golongan, yaitu dielektrik, elektrolitik, dan konduksi elektronik. Dielektrik terjadi ketika polarisasi muatan bahan dialiri arus listrik.

Konduksi elektrolitik terjadi pada batuan porus dan pori-porinya terisi cairan elektrolitik. Sedangkan, elektronik adalah ketika batuan memiliki banyak elektron bebas dan arus listrik dialirkan darinya.

Ada beberapa konfigurasi elektroda yang umum digunakan. Harga geolistrik juga bergantung pada jenis konfigurasi, karena cara kerjanya berbeda dan memiliki kekurangannya masing-masing.

Pemilihan konfigurasi elektroda tergantung pada sensitivitas alat, struktur yang akan dipetakan, dan tingkat noise-nya. Oleh karena itu, sebelum memutuskan ketahui dulu secara jelas tujuannya.

Alat Survey Geolistrik

Ada beberapa alat survey geolistrik yang dapat dipakai untuk survey. Harga geolistrik juga tergantung pada jenis peralatan. Informasi berikut ini akan membahas hal tersebut. Namun, bukan mengenai spesifikasi alat tertentu, hanya berdasarkan jenisnya saja.

1.  Single-Channel

Jenis alat geolistrik ini dibuat untuk survey sounding. Hal itu sudah jelas, dengan tidak adanya switch box yang berfungsi mengatur distribusi aliran listrik. Kegunaan yang terdapat di dalamnya, yaitu colokan AB MN untuk kabel arus atau tegangan.

Ada 3 alat geolistrik yang termasuk jenis ini, yaitu Naniura, SAZ-3000, Neo Resist, dan IRES. Semuanya adalah produksi lokal dan telah banyak dipakai oleh para insinyur geofisika, yakni digunakan untuk akuisisi data sounding.

2.  Multi-Channel

Jenis ini lebih modern dan fungsinya juga beragam. Alat Multi-Channel bisa dipakai untuk mapping atau profiling. Tentu saja ada switch box di dalamnya dan kabel elektroda, fungsinya sebagai multi-core.

Dengan adanya fungsi tersebut, jenis ini mampu untuk membuat skema aliran arus listrik pada elektroda, tetapi tergantung pada akuisisi yang dipakai. Harga geolistrik Multi-Channel pastinya tidak sama dengan penggunaan alat Single-Channel.

3. ARES

ARES adalah produk luar, yaitu berasal dari Republik Ceko. Alat ini mempunyai model 2.5 A dan 5A. Daya kemampuan penetrasinya lebih tinggi, sehingga bisa mengerjakan survey lebih dalam. Selain itu, penggunaannya juga bisa di laut.

4.  S-Field, Geores

S-Field Geores adalah alat geolistrik produksi lokal dan telah dipakai oleh beberapa kalangan. Kelemahan dari produk lokal adalah dari kemampuan membaca nilai atau survey IP.

5. AGI Supersting

AGI Supersting merupakan produk dari USA dan sudah rilis tipe terbarunya, yaitu Supersting R8 yang memiliki 8 channel. Dilansir dari situs resminya, alat ini mempunyai keunggulan yang cukup banyak.

Diantara keunggulan tersebut ialah memiliki resistivity meter otomatis. Alat ini juga sudah diuji di berbagai lingkungan ekstrem. Selain itu, Supersting dapat memberikan akurasi yang tinggi dengan noise yang rendah.

Bukan hanya itu, alat ini juga terdapat model Supersting marine resistivity. Kegunaannya yaitu dapat digunakan di dalam laut. Serta ada tipe Supersting wifi, yang bisa dipakai melalui tablet atau smartphone Android.

Dilihat dari berbagai keunggulannya, bisa dipastikan harga alat geolistrik Multi-Channel ini cukup mahal daripada produk lainnya. Keluaran tipenya juga lumayan banyak dan memiliki kelebihan yang tidak ada di jenis lainnya.

Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Melakukan Survey Geolistrik

Sebelum melakukan survey geolistrik, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Jadi, ketika proses survey berjalan, semuanya lengkap dan tidak ada kekurangan yang mengganggu kegiatan eksplorasi.

1.  Persyaratan Administrasi

Persyaratan administrasi meliputi surat jalan, perizinan di lokasi survey, dan surat kesehatan. Ketiganya harus lengkap sesuai standar SOP yang berlaku. Hal itu diperlukan karena ada alasan tertentu.

Surat jalan diperlukan karena alat-alat yang digunakan untuk survey geolistrik lumayan banyak dan berat. Jadi, harus terdapat surat resmi dari perusahaan bahwa telah diizinkan mengoperasikannya ke tujuan yang jelas.

Surat perizinan di lokasi juga dibutuhkan karena terkadang lokasi survei masih milik atau hal orang lain. Jadi, harus mendapatkan izin dari perangkat desa terlebih dahulu untuk melakukan uji geolistrik pada area tersebut.

Sedangkan, surat kesehatan bertujuan untuk memastikan bahwa tenaga kerja survey geolistrik benar-benar dalam keadaan sehat. Apalagi di era pandemi seperti saat ini, tentunya hasil Check Up atau keterangan sehat sangat diperlukan.

2.  Personalia

Setelah semua tentang surat perizinan telah disetujui, hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah dari personal tim kerja. Apakah semua petugas yang berada di bagian masing-masing sudah lengkap atau belum.

Dalam survey geolistrik, harus ada yang namanya Field Engineer atau insinyur yang berada di lapangan. Tugasnya adalah sebagai QC atau Quality Control yang memiliki pengetahuan tentang Geophysics.

Sedangkan, tugas tenaga kerja lainnya adalah mencatat keadaan lapangan. Fungsinya untuk interpretasi dari hasil eksplorasi. Selain itu, para tim tersebut dapat membuat analisis awal dari hasil yang akan didapatkan nantinya.

Ada juga yang bernama Geophysical Engineer. Tugasnya yaitu mengolah data, membuat model, dan interpretasi dari hasil survey geolistrik. Biasanya pengerjaan tersebut dilaksanakan setelah berdiskusi dengan insinyur dan tim geologi.

Orang yang mengoperasikan alat geolistrik dinamakan operator. Harus memiliki kemampuan untuk troubleshooting alat ketika ada masalah pada waktu di lapangan. Selain itu, juga ditekankan mampu mengawasi angka atau nilai bacaan alat,  jika alat geolistrik error.

3.  Perlengkapan dan Peralatan

Kelengkapan alat geolistrik sangat penting untuk diperhatikan. Terutama pada main unit, harus dipastikan bahwa bisa dijalankan dengan baik. Dan alat geolistrik harus dikalibrasi setiap 6 hingga 12 bulan sekali.

Ukuran besar ampere dari sekring atau fuse geolistrik harus diketahui. Karena biasanya, kerusakan pada sekring tersebut seringkali terjadi saat melakukan survey di lapangan. Pada umumnya, rusaknya disebabkan fuse tersebut putus.

Aki pada alat geolistrik harus dalam kondisi prima dan full charging. Bisa juga melakukan persiapan atau antisipasi dengan membaca 2 set aki. Jadi, jika penggunaan pertama telah habis, bisa langsung menggantinya.

Kabel elektroda geolistrik juga harus dijaga kebersihannya dan pastikan tidak terkena air. Terutama pada bagian sambungannya. Karena jika terkena air, bisa mempengaruhi terhadap nilai survey.

Penentu Lain Harga Geolistrik Air Tanah

1.      Titik Survey

Harga geolistrik ditinjau berdasarkan titik survey yang diperlukan atau sesuai permintaan. Biasanya, paket harga geolistrik yang disediakan oleh penyedia jasa mencakup ukuran 2 atau 3 titik untuk eksplorasi air tanah.

Satu titik untuk eksplorasi air tanah sudah mencakup kedalaman 30 sampai 50 meter. Ukuran tersebut berdasarkan dari data yang diambil oleh operator. Harga geolistrik per titik juga dipengaruhi oleh luas lahan.

Sedangkan, harga geolistrik itu sendiri ditentukan dari seberapa jauh lokasi survey dan transportasinya. Setelah itu diakomodasikan beserta pengambilan data yang berlangsung selama pengujian.

2.      Penggambaran

Harga geolistrik dengan metode 2D biasanya dihitung berdasarkan luas area per hektarnya. Model 2D merupakan jasa eksplorasi untuk mengetahui perkiraan kandungan mineral. Misalnya, batu andesit, pasir, bijih besi, emas, dan lainnya.

Namun, metode 2D kadang juga digunakan untuk mengetahui kandungan akuifer air. Terdapat perbedaan antara model 1D dan 2D. Untuk 1D hanya menampilkan gambar vertikal tegak lurus.

Sedangkan, untuk 2D gambar lapisan tanah secara keseluruhan juga ditampilkan. Sama halnya ketika memotong kue lapis, bagian lapisan tersebut yang digambarkan. Sehingga dapat melihat ketebalan dari tanah.

Untuk itu, harga geolistrik tentunya berbeda dari kedua metode tersebut. Karena pengerjaan dengan metode 2D membutuhkan waktu dan tenaga ekstra, apalagi dalam menggambarkan detail lapisannya.

3.      Data Hasil

Pembuatan hasil data dari survey juga mempengaruhi harga geolistrik air tanah. Hal ini sudah sangat jelas, dalam metode 2D, tim interpretasi yang digunakan harus lebih canggih dan teliti. Sehingga pengerjaannya juga membutuhkan waktu lama.

Dari penjelasan tersebut, harga geolistrik bisa ditentukan dari metode apa yang akan pengguna pilih. Apa pun yang digunakan, tim penyedia jasa tentunya akan memberikan hasil maksimal dan akurat.

Jika hanya berfokus untuk mengetahui kandungan akuifer air, maka bisa menggunakan metode 1D. Namun, jika ingin mendapatkan informasi tentang mineralnya, maka dapat memakai model 2D.

4.      Aspek Lain

Daftar harga geolistrik bisa dipengaruhi oleh aspek lainnya juga, seperti kondisi alam, medan survey, dan lainnya. Apalagi jika berkaitan dengan faktor lingkungan, kemungkinan pengujian harus dihentikan, misal terjadi hujan.

Harga geolistrik air tanah dengan sumur bor memiliki tarif yang berbeda. Aspek yang menentukan untuk sumur bor biasanya dilihat dari lokasi, jenis batuan, dan jenis batuan yang ditemukan.

Sedangkan, harga sewa alat geolistrik juga diperhitungkan. Terutama untuk sumur bor, karena masih membutuhkan peralatan lain, seperti pompa, dan lainnya. Alat yang diperlukan juga harus berkualitas baik, agar dapat bertahan lama.

Harga geolistrik untuk sumur bor bisa memakan biaya mulai 8 sampai 12 juta. Tarif tersebut dengan kedalaman 20 sampai 45 meter. Ada juga sumur dengan 10 meter kedalaman, tetapi jika areanya bagus dan tidak sulit mendapatkan air bersih.

Harga geolistrik untuk sumur bor banyak pilihan paketnya dan disertai juga dengan merek alat yang digunakan. Pengguna jasa tinggal memilih mana yang diinginkan, serta dengan kedalaman berapa.

 

Harga Geolistrik sumur bor

Harga geolistrik di luar wilayah penyedia jasa akan lebih mahal dibandingkan survey di area setempat. Karena akomodasi dan biaya transportasi juga dipertimbangkan. Mengingat alat-alat yang dibawa cukup banyak.

Suatu proyek bangunan dibutuhkan pengujian untuk memperlancar jalannya pekerjaan. Untuk itu, pada pembuatan pondasi bangunannya membutuhkan pengetahuan tentang titik peletakan yang tepat dan juga pada tiang pancangnya.

Untuk mengetahui hal tersebut diperlukan melakukan tes geolistrik sondir terlebih dahulu. Pengujian ini memiliki peranan yang sangat penting. Terutama untuk proyek dalam skala besar.

Harga geolistrik uji sondir cukup terjangkau. Hitungannya berdasarkan besarnya proyek yang dikerjakan. Jika luas lahannya semakin lebar, tentunya akan mendapatkan harga geolistrik yang lebih terjangkau.

Manfaat Hasil Survey Geolistrik

Manfaat dari hasil survey sangat besar sekali efeknya, baik untuk pengguna jasa atau pun untuk orang lain. Berikut ini termasuk manfaat yang akan didapatkan setelah melakukan pengujian geolistrik.

1.  Pembuatan Perencanaan

Survey geolistrik adalah tahap perencanaan awal dari sebuah proyek. Tujuannya yaitu agar tidak terjadi kesalahan di tengah jalan. Sehingga akan menimbulkan kerugian besar bagi pemilik proyek.

Dengan adanya survey geolistrik, jika semisal ingin melakukan pengeboran sumur, maka sudah mengetahui titik mana yang tepat untuk penggaliannya. Jadi, waktu dan biaya yang dibutuhkan lebih efisien.

2.  Pembuatan Rencana Anggaran

Setelah survey geolistrik sudah dilakukan, maka akan dapat mengetahui kedalaman perkiraan akuifer. Lapisan pembawa air juga terlihat. Sehingga anggaran yang dibutuhkan untuk pembuatan sumur bisa diperkirakan.

3.  Persyaratan Pengurusan Legalitas

Hasil dari hasil survey geolistrik termasuk salah satu syarat untuk melakukan pengeboran. Karena perizinan akan turun, jika data tersebut telah ada. Apalagi untuk industri dengan proyek besar, pengujian ini sangat diperlukan.

Jika ingin mendapatkan pelayanan jasa yang berkualitas dengan harga geolistrik yang sangat terjangkau, maka bisa mempercayakannya kepada Borairsurvey. Penyedia jasa ini sudah sangat berpengalaman.

Apalagi tim yang bekerja untuk survey geolistrik. Sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun dengan kemampuan yang sangat ahli. Jadi, tidak perlu dipertanyakan dan diragukan lagi, hasilnya bisa dipastikan terbaik.

Harga pengukuran dengan total lainnya tidak akan memberatkan pengguna jasa. Selain itu, harga geolistrik yang sudah ditarifkan bisa dinegosiasikan. Sehingga mendapatkan keputusan akhir dengan sama-sama puas.

Penyedia jasa ini berdomisili di Bandung. Harga geolistrik untuk area setempat tentunya akan mendapatkan total yang lebih murah. Jadi, jangan sampai terlewatkan dan gunakan jasa Borairsurvey jika dibutuhkan.

Bagi yang berada di luar wilayah, tidak perlu khawatir. Harga geolistrik yang ditawarkan juga masih terjangkau. Apalagi layanan jasanya sudah sangat profesional dan telah menyelesaikan survey proyek di berbagai daerah.

Belum ada Komentar untuk Harga Geolistrik, Aspek Penting yang Mempengaruhinya

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Harga Geolistrik, Aspek Penting yang Mempengaruhinya

Jasa Geolistrik Rawan Air

T 19 March 2021 F A admin

Jasa Geolistrik rawan air dalam Perjalanan team kelokasi Sulit Air di Jawa Barat Jasa geolistrik  rawan air adalah jasa survey untuk menyelidiki sumber air bersih, Salah satu kegiatan penting jasa penyelidikan geolistrik adalah melakukan survey untuk lokasi – lokasi rawan... Selengkapnya

Harga Jasa Geolistrik

Harga Jasa Geolistrik Air Tanah dan Jenis Alatnya

T 27 July 2021 F A laskarseo

Informasi seputar harga jasa geolistrik air tanah kerap kali dicari oleh kebanyakan orang, apalagi bagi orang yang baru ingin menggunakan jasa survey ini. Memang ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu. Dengan begitu, seseorang bukan hanya akan tahu tentang harga jasa... Selengkapnya

team geolistrik metode geo scan

Jasa Survey Geolistrik Lokasi Pantai

T 25 March 2021 F A admin

Jasa Survey geolistrik Lokasi Pantai Jasa geolistrik lokasi pantai dibutuhkan terutama untuk mencari sumber air tawar bersih yang dapat dimanfatkan bagi keperluan penduduk wilayah pesisir pantai, salah satu lokasi yang akan kami survey geolistrik adalah wilayah pesisi pantai pangandaran, dimana... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa borairsurvey.

Telepon
Whatsapp