Beranda » survey jasa geolistrik » Survey Geolistrik: Solusi Efisiensi dan Efektivitas Pencarian Titik Sumur Bor

Survey Geolistrik: Solusi Efisiensi dan Efektivitas Pencarian Titik Sumur Bor

T Diposting oleh pada 21 July 2021
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 46 kali

Air merupakan kebutuhan utama dalam kehidupan manusia. Tidak hanya untuk konsumsi, guna air juga penting di segala keperluan sehari-hari, termasuk dalam sanitasi, yaitu mandi atau mencuci. Di sini, jasa survey geolistrik memegang peranan penting dalam pencarian sumber air.

Bayangkan jika manusia hidup dalam kesulitan air, maka kesehatannya akan terganggu, karena kurangnya asupan cairan, maupun kondisi lingkungan yang kotor. Itulah sebabnya, manusia selalu berusaha untuk mendapatkan sumber air memadai untuk mendukung kehidupannya.

Sumber Air yang Sering Digunakan

Manusia biasanya mendapatkan air untuk pemenuhan kebutuhannya dari berbagai sumber. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Mata air

Sumber air ini memiliki kualitas yang cukup baik, sebab memenuhi syarat kebersihan dan kejernihan. Mata air merupakan suatu titik tempat cairan dari dalam bumi mengalir ke pemukaan melalui lapisan akuifer di dalam tanah.

Sayangnya, mata air tidak dapat dijumpai di sembarang tempat. Biasanya hanya ada di daerah pegunungan saja. Oleh sebab itu, orang-orang di wilayah yang jauh dari mata air perlu menggunakan sumber air baku lain untuk pemenuhan kebutuhannya.

2. Air Permukaan

Ini merupakan sumber air yang banyak digunakan oleh manusia. Air permukaan merupakan jenis yang berada di atas tanah dan berkumpul menjadi genangan dengan luas berbeda-beda. Contoh air permukaan adalah sungai, danau, dan laut.

Menemukan sumber air ini tergolong mudah, karena ada  di sekitar kita. Namun, apabila hendak dikonsumsi, jenis air ini harus melalui pengolahan terlebih dahulu agar memenuhi standar kesehatan.

Sayangnya, tidak semua memiliki kualitas layak minum. Bahkan, akibat adanya pencemaran dan pembuangan sampah sembarangan, beberapa sumber air permukaan berada pada tingkat berbahaya dan tidak memenuhi syarat layak konsumsi.

3. Air tanah

Selanjutnya adalah air yang bersumber dari dalam tanah. Air ini berada pada akuifer, yaitu lapisan di bawah permukaan, berupa rongga-rongga dan mengandung air. Cara untuk mendapatkan air tanah adalah dengan menggali sebuah sumur.

Hanya saja, tidak semua lapisan tanah mengandung air yang cukup. Selain itu, kondisi air di dalam tanah tersebut juga bervariasi. Oleh sebab itu, perlu adanya survei terlebih dahulu sebelum memulai penggalian.

Keunggunan Menggunakan Sumur Bor

Pada awalnya, manusia memperoleh air tanah dengan cara membuat sumur gali secara tradisional menggunakan cangkul dan sekop. Namun, kemudian muncul teknologi baru yang memungkinkan pengerjaan dengan mesin bor. Inilah keunggulan sumur bor.

1. Proses Pengerjaan Lebih Cepat

Apabila dibandingkan dengan pengerjaan sumur gali yang tradisional, proses pengeboran memang lebih cepat, karena menggunakan peralatan bermesin canggih dan modern. Membuat sumur gali bisa saja menghabiskan waktu berhari-hari dan membutuhkan banyak pekerja.

Lain halnya dengan sumur bor yang hanya memerlukan jumlah pekerja lebih sedikit dan waktu pengerjaan pendek. Asalkan titik pengeboran sudah ditemukan, maka pengerjaannya sudah bisa dilakukan dan akan selesai dalam kurun waktu 1-2 hari.

2. Dapat Menjangkau Sumber Air yang Lebih Dalam

Oleh karena pengerjaannya menggunakan mesin, tentu kekuatannya menjadi lebih dibandingkan dengan tenaga manusia. Jadi, mampu menjangkau sumber air yang lebih dalam. Pada sumur gali tradisional, pekerja sering terkendala bebatuan saat menggali, sehingga menghambat pengerjaan.

Sebaliknya, karena menggunakan jasa survey geolistrik sebelum mulai, operator mesin bor dapat membuat rencana pengeboran yang efisien. Penentuan lokasi titik bor lebih tepat, sehingga menghemat dana, waktu, dan tenaga, dengan hasil optimal.

3. Efektif Untuk Pengerjaan Pada Lahan Padat Penduduk

Pada pengerjaan sumur gali, diameter penggaliannya cukup besar. Hal ini merupakan kelebihan sekaligus kelemahannya. Kelebihan, karena diameter sumur yang besar membuat air lebih banyak tertampung. Namun, juga menjadi kelemahan, karena memerlukan lokasi yang luas.

Dengan demikian, sumur gali akan jadi merepotkan jika diterapkan pada lingkungan padat penduduk. Oleh sebab itu, di kawasan seperti ini, sumur bor lebih menjadi pilihan. Sumur jenis ini tidak memerlukan diameter galian yang luas.

Bahkan, sumur bisa dibor di dalam rumah, jika memang pada lokasi itu terdapat kandungan air banyak. Hanya saja, saat pihak jasa survey geolistrik bekerja, mungkin membutuhkan space yang cukup untuk memasang elektrodanya.

4. Lebih Aman dan Terhindar Dari Pencemaran

Sumur bor dibuat dengan memasukkan alat pengebor ke tanah. Selanjutnya, setelah air didapatkan, pekerja akan memasang instalasi pipa. Cara ini membuat sumur bor dalam keadaan tertutup. Berbeda dengan sumur gali yang memiliki permukaan terbuka.

Permukaan sumur terbuka berisiko membahayakan orang lain, terutama anak-anak yang bermain dengan ceroboh di sekitarnya. Selain itu, permukaan sumur gali yang terbuka lebih berisiko kemasukan kotoran, bangkai binatang, dan hal lain, sehingga bisa mencemarinya.

Adapun sumur bor yang tertutup lebih aman dan minim risiko pencemaran. Apalagi lapisan tanah dengan beragam batuan berbagai jenis merupakan penyaring alami bagi air, sehingga kualitasnya lebih baik.

Biasanya, penentuan titik pengeboran dapat menggunakan metode geolistrik.  Dengan demikian, bisa mendapatkan lokasi sumber air yang sesuai dengan kapasitas dan kualitas yang diperlukan.

Pengertian Survey Geolistrik

Survey geolistrik adalah suatu bentuk kegiatan yang dilakukan dalam penilaian kondisi lapisan tanah. Metode studi secara geofisika aktif ini memiliki tujuan untuk menguji sifat lapisan bebatuan yang terdapat di bawah permukaan tanah melalui penelitian resistivitasnya.

 survey geolistrik

Pengujian ini berfungsi untuk mengetahui nilai resistivitas lapisan tersebut dengan cara menginjeksikan aliran listrik. Apabila sebuah batuan menunjukkan nilai resistivitas tinggi, artinya arus listrik akan mengalami hambatan atau tahanan jenis.

Survei ini berguna dalam membuat peta sebaran tahanan jenis batuan di lapisan dalam tanah. Pengidentifikasiannya menggunakan teknik mapping, imaging, ataupun sounding. Survei geolistrik ini dapat bermanfaat dalam berbagai bidang.

Beberapa bidang yang bisa menggunakan survei ini adalah:

  • Bidang geologi teknik, untuk mengetahui kondisi tanah, jenis batuan, porositas, dan lainnya, dalam menentukan konstruksi sebuah bangunan.
  • Bidang arkeologi, untuk menyelidiki keberadaan situs bersejarah yang masih terpendam di dalam lapisan tanah.
  • Bidang pertambangan mineral, untuk mengecek persebaran dan jenis mineral yang terkandung di dalam tanah suatu wilayah.
  • Bidang pertambangan minyak, untuk mengetahui jenis batuan dan penentuan alat pengeboran.
  • Bidang hidrogeologi, untuk mengetahui ada tidaknya kandungan air dan mengecek jenis airnya.

Manfaat dan Tujuan Melakukan Survey Geolistrik dalam Penggalian Sumur Bor

Jasa survey geolistrik memberikan layanan penyelidikan dan penyusunan laporan untuk mengetahui kondisi lapisan di dalam tanah. Ada beberapa manfaat hasil laporan survey geolistrik tersebut, baik untuk keperluan konstruksi, hidrogeologi, pertambangan, maupun arkeologi.

Dalam bidang hidrogeologi, survei ini sering berguna pada uji geolistrik sumur bor. Berikut ini adalah daftar beberapa manfaatnya.

1. Menentukan Titik Lokasi Sumur Bor

Menggali sumur bor bukanlah merupakan pekerjaan yang mudah dan murah. Oleh sebab itu, sebelum mulai menggalinya, perlu memastikan terlebih dahulu lokasi yang tepat. Hal ini bertujuan untuk menghindari penggalian yang sia-sia.

Tanpa melakukan suvei yang benar, bisa jadi biaya dan tenaga yang telah dikeluarkan menjadi sebuah kerugian karena titik yang digali tidak mengandung air. Oleh sebab itu, menggunakan jasa survey geolistrik yang terpercaya sangat penting sebagai bentuk efisiensi dan efektivitas.

2. Mengecek Kualitas Air Tanah

Melalui tes geolistrik, penguji dapat mengetahui jenis batuan yang ada pada lapisan tanah. Dengan demikian, ada banyak informasi yang didapat, termasuk untuk mengetahui kulitas air. Hasil survei dapat juga berguna dalam menduga jenis air yang terkandung tawar ataupun asin.

3. Mengetahui Kedalaman Sumur yang Harus Digali

Jasa survey geolistrik juga membantu dalam mengetahui seberapa dalam sumur harus digali sebelum mendapatkan air. Hal ini juga dapat memudahkan dalam menyusun rencana anggaran biaya (RAB) pengeboran.

4. Membantu Menyusun Rencana Pengeboran

Hasil laporan survey geolistrik bisa menjadi acuan dalam pelaksanaan pengeboran. Contohnya adalah dalam menentukan penggunaan alat yang tepat. Misalnya, pemilihan alat bor untuk jenis lapisan tanah yang akan digali.

Bahkan sebelum mulai pengeboran, hasil suvei dapat menjadi acuan dalam menyusun anggaran pembuatan sumur bor. Hal ini tentu terkait dengan kedalaman sumur yang memengaruhi lama waktu pengeboran, juga biaya dari jenis alat yang digunakan.

5. Menyediakan Dokumen Untuk Syarat Izin Penggalian Sumur Bor

Penggalian sumur bor untuk industri dan perumahan harus mengantongi izin terlebih dahulu. Adapun salah satu syarat untuk mendapatkan izin tersebut adalah dengan melampirkan dokumen hasil kajian hidrogeologi, minimal berupa laporan dari jasa survey geolistrik.

Tahapan Membuat Sumur Bor

Dalam membuat sebuah sumur bor, ada beberapa tahapan yang perlu dilewati. Hal ini penting agar pengeboran menjadi efektif dan efisien. Berikut ini adalah tahapan dalam membuat sebuah sumur bor.

1. Survey Geolistrik

Tahapan awal adalah mengadakan survei geolistrik. Langkah ini dilakukan oleh pihak penyedia jasa survey geolistrik air tanah. Dalam proses ini, ditentukan titik pengeboran yang tepat dan kedalamannya.

2. Pembuatan RAB Hasil Rekomendasi Survei Geolistrik

Hasil dari survei yang dilakukan bisa menjadi acuan dalam penyusunan Rencana Anggara Biaya penggalian sumur bor. Dengan demikian, pengeluaran lebih terarah dan penggunaan dana menjadi efisien.

Selanjutnya adalah melakukan pengurusan izin pengeboran kepada dinas terkait. Hal ini terutama untuk sumur di kawasan industri. Pada tahapan ini, laporan hasil pengujian menjadi salah satu syarat pengurusan perizinan.

3. Mulai Pengeboran

Apabila izin sudah keluar, maka pengeboran pun mulai bisa dilakukan. Dimulai dari persiapan alat, lokasi, dan personel pengeboran. Lama proses pengerjaannya bergantung pada kontur lapisan tanah dan dan kedalaman pengeborannya.

jasa survey geolistrik

Selanjutnya, setelah pengeboran selesai, dilakukan instalasi pipa dan pompa air. Terakhir, setelah semua proses pengerjaan selesai, dilakukan pemulihan lokasi pengeboran. Selanjutnya, sumur bor pun sudah bisa mulai digunakan.

Teknik-Teknik Pengukuran Survey Geolistrik

Selanjutnya adalah pembahasan mengenai tekniknya. Ada tiga teknik yang populer dalam sebuah pendugaan untuk menguji potensi adanya air tanah menggunakan survey geolistrik. Berikut ini adalah penjelasannya:

  • Mapping, merupakan suatu pengujian lapisan tanah secara lateral.
  • Sounding, sebuah pengukuran secara vertikal.
  • Imaging, merupakan gabungan keduanya, yaitu secara lateral dan vertikal, dalam 2D atau 3D.

Jenis Konfigurasi Elektroda Dalam Survey Geolistrik

Saat melakukan penyelidikan, pihak jasa survey geolistrik akan menginjeksikan listrik ke dalam tanah melalui rangkaian konfigurasi elektroda tertentu. Ada beberapa jenis konfigurasi yang bisa digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini beberapa jenis konfigurasi geolistrik.

1. Konfigurasi Schlumberger

Ini merupakan salah satu dari tiga jenis konfigurasi dalam survei untuk mendapatkan informasi geologi di bawah permukaan tanah yang paling banyak digunakan. Konfigurasi ini dinamai sesuai dengan orang yang pertama kali mengenalkannya, yaitu Conrad Schlumberger.

Schlumberger pertama kali memperkenalkan metode survei geolistrik pada tahun 1912. Ia menggunakan konfigurasi dari dua elektroda dengan arus A dan B dan menancapkannya ke tanah. Penyusunan kedua elektroda tersebut menggunakan jarak tertentu.

Selanjutnya ada sepasang elektroda potensial M dan N. Jarak antara elektroda potensial dengan titik pusat sejauh l. Adapun jarak antara elektroda arus dengan titik pusat adalah L. Jarak antara elektroda arus, yaitu A dan B dapat diubah, sedangkan M atau N tetap.

Konfigurasi ini sangat cocok untuk penggunaan metode VET (Vertical Electrical Sounding). Hasilnya adalah memiliki tingkat sensitivitas lateral yang baik dalam mengidentifikasi ketidakhomogenan lapisan batuan di bawah permukaan tanah.

2. Konfigurasi Wenner

Pengukuran menggunakan konfigurasi ini adalah dengan menempatkan keempat elektroda, baik arus maupun potensial dengan jarak yang sama antara satu dengan lainnya. Jadi dalam konfigurasi ini, dapat digambarkan sebagai: AM=NB=MN=a.

Peletakan elektroda dengan menggunakan konfigurasi ini dinilai lebih akurat dan teliti, karena eksentrisitasnya tidak terlalu besar. Sayangnya, konfigurasi ini memiliki beberapa kelemahan, yaitu tidak mampu mendeteksi kondisi homogen batuan di dekat permukaan tanah.

Meskipun demikian, pada dasarnya hal ini tidak terlalu memengaruhi hasil perhitungannya. Ada lagi kelemahan lainnya, yaitu dari segi biaya yang lebih besar dibandingkan konfigurasi lainnya karena kabelnya tidak bisa digunakan berulang.

3. Konfigurasi Dipole-Dipole

Selanjutnya adalah konfigurasi yang sama sekali berbeda dengan dua jenis sebelumnya. Dalam konfigurasi ini, peletakan elektroda arus dan potensialnya dipisah. Konfigurasi ini memiliki keunggulan dari segi biaya yang lebih hemat.

Di samping itu, konfigurasi ini memiliki kemampuan yang baik dalam melakukan penetrasi kedalaman. Hasil survei memiliki sensitivitas tinggi untuk arah horizontal. Sayangnya, untuk arah vertikal, sinyal yang ditangkapnya rendah, sehingga kurang efektif.

Selain ketiga konfigurasi di atas, masih ada jenis konfigurasi lain yang merupakan kombinasi atau modifikasi ketiganya. Di antaranya adalah konfigurasi Wenner-Schlumberger, pole-dipole, dan square.

Biaya Survey Geolistrik Air Tanah

Apabila Anda memutuskan menggunakan jasa survey geolistrik, tentu saja ada biaya yang harus dikeluarkan. Besaran nominalnya bisa bervariasi, tergantung dari beberapa faktor yang turut memengaruhinya.

Umumnya, biaya yang sudah menjadi patokan utama adalah harga survey geolistrik per titik. Ini merupakan pengeluaran utama dari paket yang ditawarkan. Meskipun demikian, harga tersebut masih bisa berubah, terkait dengan biaya sampingan lainnya  yang mungkin terjadi.

Dalam pembuatan sumur bor, selain biaya survey, ongkos perjalanan ataupun akomodasi lainnya juga bisa menjadi variabel tambahan. Hal ini sering terjadi pada lokasi pengeboran yang berada cukup jauh dari kantor jasa survey.

Oleh sebab itu, ada baiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu terkait harga ini. Tidak ada salahnya mengajukan negosiasi agar bisa menemukan nominal biaya yang paling efisien untuk kedua belah pihak.

Penyedia jasa survey terpercaya akan dapat memberikan solusi-solusi yang tepat untuk mendapatkan air sesuai dengan kebutuhan Anda. Dapatkan perusahaan jasa yang telah memiliki pengalaman dan portofolio yang baik. Seperti Bor Air Survey bisa cek portfolio kami di https://borairsurvey.org/ .

Demikianlah pembahasan mengenai survey geolistrik dan manfaat melakukan peninjauan dan pemeriksaan tersebut. Melalui pelaporan dari jasa survei tersebut, Anda bisa melakukan pengeboran sumur dengan lebih efektif dan efisien.

Belum ada Komentar untuk Survey Geolistrik: Solusi Efisiensi dan Efektivitas Pencarian Titik Sumur Bor

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Survey Geolistrik: Solusi Efisiensi dan Efektivitas Pencarian Titik Sumur Bor

Harga Jasa Geolistrik, Faktor Penentu Harga Survey

Sebagian besar kebutuhan air masyarakat terpenuhi melalui sumber dari bawah tanah. Meski tidak mudah mendapatkannya, jangan khawatir. Karena ada jasa yang dapat membantu dalam pencarian lokasi sumber air tanah dengan harga jasa geolistrik relatif terjangkau, serta sebanding dengan hasil pengerjaannya.... Selengkapnya

jasa survey geolistrik

Jasa Bor sumur Bandung

Jasa Bor Sumur Bandung Jasa bor sumur  bandung untuk lokasi keras berbatu kondisinya maka pengeboran untuk pembuatan jasa sumur bor di bandung Jawa barat dan Seluruh wilayah Jawa Barat masih bisa dilakukan, ini karena pembuatan  sumur bor di Bandung keras... Selengkapnya

metode geolistrik

Metode Geolistrik

T 31 July 2021 F A laskarseo

Metode geolistrik adalah sebuah metode atau teknik eksplorasi untuk mengetahui keadaan bawah tanah dengan bantuan sifat kelistrikan batuan. Dengan bantuan listrik tersebut akan diketahui tahanan jenis dan sifat potensialnya. Penggunaan metode ini pertama kali dipakai oleh Conrad Schlumberger pada tahun... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa borairsurvey.

Telepon
Whatsapp